UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ANAK DALAM PENGENALAN HURUF ABJAD MELALUI
KEGIATAN MEWARNAI DI TK PEUTEUNANG ATEE PEUDADA KABUPATEN BIREUEN
ABSTRAK
Penelitian
ini berjudul “Upaya Meningkatkan
Pemahaman Anak Dalam Pengenalan Huruf Abjad Melalui Kegiatan Mewarnai di TK Peuteunang
Atee Peudada Kabupaten Bireuen”. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan pemahaman anak dalam pengenalan huruf abjad melalui kegiatan mewarnai di TK
Peutenang Ate Peudada Kabupaten Bireuen. Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui peningkatan pemahaman anak dalam pengenalan huruf abjad melalui kegiatan mewarnai di TK
Peutenang Ate Peudada Kabupaten Bireuen. Metode
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian kegiatan pembelajaran ini dilakukan dengan
penelitian tindakan kelas dengan melalui 4
tahap, yaitu perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan mengenal huruf
abjad pada anak usia dini merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan.
Peningkatan pemahaman anak dalam mengenal huruf abjad anak dapat terlihat dari
hasil penelitian. Pada siklus I ketuntasan anak mencapai 60% dan hasil tersebut
meningkat pada siklus II menjadi 87%. Hal ini membuktikan bahwa pemahaman anak
dalam mengenal huruf abjad meningkat melalui kegiatan mewarnai di TK Peuteunang
Ate Peudada Kabupaten Bireuen.
Kata kunci: Pengenalan Huruf Abjad dan Kegiatan Mewarnai
0 komentar:
Posting Komentar