Selasa, 27 November 2018

SKRIPSI S1-PGPAUD UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ANAK DALAM PENGENALAN HURUF ABJAD MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DI TK PEUTEUNANG ATEE PEUDADA KABUPATEN BIREUEN

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ANAK DALAM PENGENALAN HURUF ABJAD MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DI TK PEUTEUNANG ATEE PEUDADA KABUPATEN BIREUEN

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Pemahaman Anak Dalam Pengenalan Huruf Abjad Melalui Kegiatan Mewarnai di TK Peuteunang Atee Peudada Kabupaten Bireuen”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan pemahaman anak dalam pengenalan huruf abjad melalui kegiatan mewarnai di TK Peutenang Ate Peudada Kabupaten Bireuen. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan pemahaman anak dalam pengenalan huruf abjad melalui kegiatan mewarnai di TK Peutenang Ate Peudada Kabupaten Bireuen. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian kegiatan pembelajaran ini dilakukan dengan penelitian tindakan kelas dengan melalui 4  tahap, yaitu perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia dini merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan. Peningkatan pemahaman anak dalam mengenal huruf abjad anak dapat terlihat dari hasil penelitian. Pada siklus I ketuntasan anak mencapai 60% dan hasil tersebut meningkat pada siklus II menjadi 87%. Hal ini membuktikan bahwa pemahaman anak dalam mengenal huruf abjad meningkat melalui kegiatan mewarnai di TK Peuteunang Ate Peudada Kabupaten Bireuen.



Kata kunci: Pengenalan Huruf Abjad dan Kegiatan Mewarnai

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive