MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF MELALUI
LATIHAN MENARIK GARIS PADA ANAK KELOMPOK B DI
TAMAN KANAK-KANAK CUT MEUTIA PANTE PISANG
KECAMATAN PEUSANGAN, KABUPATEN BIREUEN
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul upaya meningkatkan keterampilan
menulis huruf melalui latihan menarik garis pada anak kelompok B di Taman
Kanak-Kanak Cut Meutia Pante Pisang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan keterampilan menulis huruf melalui latihan
menarik garis pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Cut Meutia Pante Pisang
Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen?. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk melihat upaya meningkatkan
keterampilan menulis huruf melalui latihan menarik garis pada anak kelompok B
di Taman Kanak-Kanak Cut Meutia Pante Pisang Kecamatan Peusangan Kabupaten
Bireuen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research). Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek yang
diteliti adalah anak didik kelompok B TK Cut Meutia Kecamatan Peusangan
Kabupaten Bireuen yang berjumlah 20 (dua puluh) anak terdiri dari 9 (sembilan)
anak laki-laki dan 11 (sebelas) anak perempuan tahun pelajaran 2017/2018. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan 4 tahapan, yaitu: koleksi data, reduksi data,
display data, verifikasi data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes
awal, keterampilan dalam menulis melalui latihan menarik garis seperti menarik garis tegak lurus, dan menarik mendatar yaitu
13 orang anak atau 65% yang mendapatkan nilai kurang dengan rentang antara ≤ 60,
sedangkan anak yang mendapat nilai cukup adalah 7 orang anak atau 35%. Terlihat
disini bahwa anak belum begitu mampu menulis melalui latihan menarik garis, dengan
demikian, dapat dikatakan keterampilan anak dalam menulis masih sangat rendah.
Sedangkan hasil
penilaian tes siklus II pertemuan 1 keterampilan dalam menulis melalui latihan menarik garis seperti menarik garis tegak
lurus, dan menarik mendatar yaitu 5 orang anak atau 25% yang mendapatkan nilai kurang
dengan rentang antara ≤ 60, sedangkan anak yang mendapat nilai cukup adalah 13
orang anak atau 65% dan 2 orang anak atau 10% yang mendapatkan nilai baik
dengan rentang antara 80-85. Dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dilaksanakan,
anak sudah mencapai lebih dari 80% tuntas dalam keterampilan menulis melalui
latihan menarik garis pada
anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Cut Meutia Pante Pisang Kecamatan
Peusangan Kabupaten Bireuen.
Kata Kunci : Keterampilan
Menulis, Latihan Menarik Garis, meningkatkan keterampilan
0 komentar:
Posting Komentar