Selasa, 27 November 2018

SKRIPSI S1-PGPAUD MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF MELALUI LATIHAN MENARIK GARIS PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK CUT MEUTIA PANTE PISANG KECAMATAN PEUSANGAN, KABUPATEN BIREUEN

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF MELALUI LATIHAN MENARIK GARIS PADA ANAK KELOMPOK B DI
TAMAN KANAK-KANAK CUT MEUTIA PANTE PISANG
KECAMATAN PEUSANGAN, KABUPATEN BIREUEN

ABSTRAK


Penelitian ini berjudul upaya meningkatkan keterampilan menulis huruf melalui latihan menarik garis pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Cut Meutia Pante Pisang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan keterampilan menulis huruf melalui latihan menarik garis pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Cut Meutia Pante Pisang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat upaya meningkatkan keterampilan menulis huruf melalui latihan menarik garis pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Cut Meutia Pante Pisang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek yang diteliti adalah anak didik kelompok B TK Cut Meutia Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen yang berjumlah 20 (dua puluh) anak terdiri dari 9 (sembilan) anak laki-laki dan 11 (sebelas) anak perempuan tahun pelajaran 2017/2018. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan 4 tahapan, yaitu: koleksi data, reduksi data, display data, verifikasi data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal, keterampilan dalam menulis melalui latihan menarik garis seperti menarik garis tegak lurus, dan menarik mendatar yaitu 13 orang anak atau 65% yang mendapatkan nilai kurang dengan rentang antara ≤ 60, sedangkan anak yang mendapat nilai cukup adalah 7 orang anak atau 35%. Terlihat disini bahwa anak belum begitu mampu menulis melalui latihan menarik garis, dengan demikian, dapat dikatakan keterampilan anak dalam menulis masih sangat rendah. Sedangkan hasil penilaian tes siklus II pertemuan 1 keterampilan dalam menulis melalui latihan menarik garis seperti menarik garis tegak lurus, dan menarik mendatar yaitu 5 orang anak atau 25% yang mendapatkan nilai kurang dengan rentang antara ≤ 60, sedangkan anak yang mendapat nilai cukup adalah 13 orang anak atau 65% dan 2 orang anak atau 10% yang mendapatkan nilai baik dengan rentang antara 80-85. Dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dilaksanakan, anak sudah mencapai lebih dari 80% tuntas dalam keterampilan menulis melalui latihan menarik garis pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Cut Meutia Pante Pisang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen.


Kata Kunci    :           Keterampilan Menulis, Latihan Menarik Garis, meningkatkan keterampilan

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive