PENINGKATAN
KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI KALENG INDAH DI TK NEGERI AYEUM MATA KECAMATAN
MUARA BATU
KABUPATEN
ACEH UTARA
ABSTRAK
Selama ini
anak-anak kelompok B merasa tidak mampu atau menganggap pembelajaran berhitung itu
sulit, sehingga anak ketika mendengar atau pun belajar tentang berhitung pandangan
anak-anak sudah lain, terutama tentang konsep bilangan. Melalui permainan
kaleng indah masih banyak anak-anak yang bingung bagaimana anak dapat memahami
tentang konsep hitungan. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada
kelompok B TK Negeri Ayeum Mata Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara,
dimana masih rendahnya kemampuan anak dalam memahami konsep berhitung yaitu
kemampuan dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan. Dari 20 anak
yang terdapat di kelompok B TK Negeri Ayeum Mata Kecamatan Muara Batu Kabupaten
Aceh Utara, yang dapat mengenal lambang bilangan dari 1-20 hanya 7 orang.
Berdasarkan masalah tersebut di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak melalui kaleng indah di TK
Negeri Ayeum Mata Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kualitatif. Dengan pencapaian nilai yang sangat rendah
/ kurang pada siklus II pertemuan 1 yaitu dari 20 anak terdapat 2 anak yang
memperoleh ketegori kurang atau 10,53%, 9 anak yang memperoleh kategori cukup
atau 47,37%, dan 5 orang anak pada kategori baik atau 26,31%. Sedangkan setelah
pemberian tindakan pada siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan yang sangat
signifikan yaitu terdapat 2 anak mendapat nilai istimewa atau 10,53%, ketegori sangat
baik 5 orang anak atau 26,32%, 7 anak yang memperoleh nilai baik atau 36,85%, 4
orang anak memperoleh nilai cukup atau 21,32% dan 1 anak yang memperoleh nilai
kurang atau 5,26%. Berdasarkan nilai yang dicapai pada siklus I dan siklus II
bahwa kemampuan anak dalam berhitung dengan kaleng indah pada anak kelompok B
TK Negeri Ayeum Mata dapat meningkat kemampuan anak dalam berhitung dengan
kaleng indah. Peningkatan ini bukanlah untuk selamanya, kemampuan anak dalam
berhitung dengan kaleng indah dilatih dan diasah secara terus menerus dan
berkontinyu. Karena pemberian informasi kepada anak usia dini itu harus
dilakukan secara berulang-ulang jika menginginkan hasil yang optimal. Saran
yang dikemukakan melalui hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Guru hendaknya menggunakan
media sebagai alat bantu pada setiap materi yang lain dianggap sesuai pengaruh
positif terhadap peningkatan minat belajar siswa. (2) Siswa hendaknya lebih
meningkatkan hasil belajar sehingga dapat memperbaiki prestasi dalam belajar,
(3) Sekolah harus mampu mengemplementasikan media di setiap materi dalam proses
belajar mengajar. (4) Peneliti melihat masih banyak model pembelajaran yang
tidak sesuai dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah, dalam hal ini peneliti
mengharapkan untuk setiap guru dan sekolah agar lebih memperhatikan media agar
lebih mudah siswa memahami materi pelajaran.
Kata Kunci : Kemampuan Berhitung,
Kaleng Indah
0 komentar:
Posting Komentar