Selasa, 27 November 2018

SKRIPSI S1 PGPAUD PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI KALENG INDAH DI TK NEGERI AYEUM MATA KECAMATAN MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI KALENG INDAH DI TK NEGERI AYEUM MATA KECAMATAN MUARA BATU
KABUPATEN ACEH UTARA

ABSTRAK


Selama ini anak-anak kelompok B merasa tidak mampu atau menganggap pembelajaran berhitung itu sulit, sehingga anak ketika mendengar atau pun belajar tentang berhitung pandangan anak-anak sudah lain, terutama tentang konsep bilangan. Melalui permainan kaleng indah masih banyak anak-anak yang bingung bagaimana anak dapat memahami tentang konsep hitungan. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada kelompok B TK Negeri Ayeum Mata Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara, dimana masih rendahnya kemampuan anak dalam memahami konsep berhitung yaitu kemampuan dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan. Dari 20 anak yang terdapat di kelompok B TK Negeri Ayeum Mata Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara, yang dapat mengenal lambang bilangan dari 1-20 hanya 7 orang. Berdasarkan masalah tersebut di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak melalui kaleng indah di TK Negeri Ayeum Mata Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dengan pencapaian nilai yang sangat rendah / kurang pada siklus II pertemuan 1 yaitu dari 20 anak terdapat 2 anak yang memperoleh ketegori kurang atau 10,53%, 9 anak yang memperoleh kategori cukup atau 47,37%, dan 5 orang anak pada kategori baik atau 26,31%. Sedangkan setelah pemberian tindakan pada siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu terdapat 2 anak mendapat nilai istimewa atau 10,53%, ketegori sangat baik 5 orang anak atau 26,32%, 7 anak yang memperoleh nilai baik atau 36,85%, 4 orang anak memperoleh nilai cukup atau 21,32% dan 1 anak yang memperoleh nilai kurang atau 5,26%. Berdasarkan nilai yang dicapai pada siklus I dan siklus II bahwa kemampuan anak dalam berhitung dengan kaleng indah pada anak kelompok B TK Negeri Ayeum Mata dapat meningkat kemampuan anak dalam berhitung dengan kaleng indah. Peningkatan ini bukanlah untuk selamanya, kemampuan anak dalam berhitung dengan kaleng indah dilatih dan diasah secara terus menerus dan berkontinyu. Karena pemberian informasi kepada anak usia dini itu harus dilakukan secara berulang-ulang jika menginginkan hasil yang optimal. Saran yang dikemukakan melalui hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Guru hendaknya menggunakan media sebagai alat bantu pada setiap materi yang lain dianggap sesuai pengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar siswa. (2) Siswa hendaknya lebih meningkatkan hasil belajar sehingga dapat memperbaiki prestasi dalam belajar, (3) Sekolah harus mampu mengemplementasikan media di setiap materi dalam proses belajar mengajar. (4) Peneliti melihat masih banyak model pembelajaran yang tidak sesuai dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah, dalam hal ini peneliti mengharapkan untuk setiap guru dan sekolah agar lebih memperhatikan media agar lebih mudah siswa memahami materi pelajaran.


Kata Kunci    :           Kemampuan Berhitung, Kaleng Indah

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive