Selasa, 27 November 2018

SKRIPSI S1-PGPAUD UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MELALUI PEMANFAATAN BAHAN BEKAS PADA KELOMPOK A DI TK BUNGOENG PANJOE KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MELALUI PEMANFAATAN BAHAN BEKAS PADA
KELOMPOK A DI TK BUNGOENG PANJOE
 KECAMATAN PEUSANGAN
KABUPATEN BIREUEN

ABSTRAK


Upaya mengembangkan potensi belajar serta meningkatkan pembelajaran berhitung menggunakan permainan kartu angka dari kardus bekas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran melalui pemanfaatan bahan bekas pada kelompok A di TK Bungoeng Panjoe  Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu suatu penelitian yang berusaha mengungkapkan gejala secara menyeluruh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pemamfaatan bahan bekas dan peralatan sederhana sebagai media bukanlah hal yang baru dalam dunia pendidikan. Sebelum media pendidikan modern hadir, para guru telah menggunakan berbagai media dan alat peraga buatannya sendiri untuk  menjelaskan materi pelajarannya. Guru selalu dituntut mengembangkann kreaktifitasnya agar materi dapat diterima dengan baik oleh anak. Kreaktifitas seorang guru bisa terlihat ketika mencoba memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang bisa dijadikan suatu mediadidalam mata pelajarannya. Sampah kertas bisa dijadikan media yang sangat baik untuk menigkatkan kesadaran lingkungan yang bersih dan sehat. Anak bisa diajarkan tentang bagaimana sampah bisa menurunkan kualitas dan merusak lingkungan hidupnya.  


Kata Kunci    :           Kemampuan Kognitif, dan Media Pembelajaran Pemanfaatan Bahan Bekas.
                                                                                    




0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive