UPAYA GURU DALAM
MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MELALUI PEMANFAATAN BAHAN BEKAS PADA
KELOMPOK A DI TK
BUNGOENG PANJOE
KECAMATAN PEUSANGAN
KABUPATEN
BIREUEN
ABSTRAK
Upaya
mengembangkan potensi belajar serta meningkatkan pembelajaran berhitung
menggunakan permainan kartu angka dari kardus bekas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran melalui pemanfaatan bahan bekas pada
kelompok A di TK Bungoeng Panjoe
Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen?. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu suatu penelitian
yang berusaha mengungkapkan gejala secara
menyeluruh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pemamfaatan bahan bekas dan peralatan sederhana sebagai
media bukanlah hal yang baru dalam dunia pendidikan. Sebelum media pendidikan
modern hadir, para guru telah menggunakan berbagai media dan alat peraga
buatannya sendiri untuk menjelaskan materi pelajarannya. Guru selalu dituntut mengembangkann kreaktifitasnya agar
materi dapat diterima dengan baik oleh anak. Kreaktifitas
seorang guru bisa terlihat ketika mencoba memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang
bisa dijadikan suatu mediadidalam mata pelajarannya. Sampah kertas bisa
dijadikan media yang sangat baik untuk menigkatkan kesadaran lingkungan yang
bersih dan sehat. Anak bisa diajarkan tentang bagaimana sampah bisa menurunkan
kualitas dan merusak lingkungan hidupnya.
Kata Kunci : Kemampuan Kognitif,
dan Media Pembelajaran Pemanfaatan Bahan Bekas.
0 komentar:
Posting Komentar