Selasa, 27 November 2018

SKRIPSI S1 PGPAUD UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN KARTU KATA DI TK MUTIARA KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN KARTU KATA DI 
TK MUTIARA KECAMATAN PEUSANGAN
KABUPATEN BIREUEN

ABSTRAK


Menurut pengamatan yang didapat oleh peneliti di kelompok B TK Mutiara Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen yang memiliki 20 anak didik, yang terdiri dari 8 Laki-laki dan 12 Perempuan ternyata terdapat 14 anak yang kemampuan membaca permulaannya masih rendah, dikarenakan dalam mengajarkan membaca permulaan guru tidak menggunakan media, anak hanya melihat tulisan dari guru yang ada di papan tulis saja sehingga proses belajar menjad imembosankan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui penggunaan permainan kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca anak di TK Mutiara Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu suatu penelitian yang berusaha mengungkapkan gejala secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks (holistik-kontekstual) melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Pada tindakan perbaikan pembelajaran membaca melalui permainan kartu kata pada siklus I diadakan tes untuk 20 anak dan hasilnya ada 8 orang anak atau 40% anak mendapat kategori kurang yaitu nilai <60, dan 10 orang anak mendapat nilai cukup yaitu nilai 60-69 atau 50%, serta 2 orang anak atau 10% mendapat nilai nilai baik yaitu 70-79. Peningkatan ini karena dalam tindakan perbaikan pembelajaran peneliti membaca melalui permainan kartu kata sebagai langkah untuk memperlihatkan bentuk-bentuk kata sebagai alat bantunya dan akan menarik minat anak karena dilakukan dengan gembira, sehingga anak akan merasa senang dan mudah dalam membaca, namun belum sepenuhnya anak mampu membaca serta masih memerlukan pelaksanaan sikus II. Sedangkan pada siklus II ini mengalami peningkatan yang baik. Dari 20 anak yang ada pada kelompok B TK Mutiara yang paham dan mampu membaca melalui permainan kartu kata bisa mencapai 3 anak atau 15% 4 anak dengan nilai sangat baik yakni dengan nilai 80 atau 20%, 7 anak atau 35%, dengan nilai baik yakni dengan nilai 75 atau 35%, serta 5 anak dengan nilai sangat cukup yakni dengan nilai <60, sedangkan yang belum mampu ada 1 orang anak atau 5%. Sebagai saran dalam penelitian ini yaitu guru hendaknya lebih memperhatikan anak didiknya dalam membaca khususnya dalam membaca kartu-kata sehingga dikemudian hari tidak memberikan dampak buruk terhadap perkembangannya, sehingga anak tersebut mampu bersaing di dalam dunia pendidikan, dan media yang dipilih dalam membaca merupakan bentuk kesesuaian sehingga anak mampu membentuk pola pikir dalam menyempurnakan ingatan berbagai materi yang diajarkan.


Kata Kunci    :           Permainan kartu kata, Meningkatkan kemampuan membaca







0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive