PENINGKATAN
KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI MELALUI TEKNIK MEMBACA NYARING DI TK
MUTIARA KECAMATAN
PEUSANGAN KABUPATEN
BIREUEN
ABSTRAK
Adapun
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan
berbicara pada anak usia dini melalui teknik membaca nyaring di TK Mutiara
Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dari
temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan peningkatan keterampilan berbicara
dengan teknik membaca nyaring dalam siklus I pertemuan I menghasilkan nilai
rata-rata skor yang rendah yaitu dari 50%, dan pertemuan II mencapai 40%. Hal
ini menunjukkan keterampilan membaca anak masih sangat kurang dikarenakan anak
hanya dijadikan subyek pasif, dimana anak hanya diberi dan belum diberikan
penjelasan dan contoh yang detail oleh guru. Dengan adanya perbaikan dalam
siklus II, hasil yang dicapai cukup memuaskan. Perubahan nilai rata-rata yang
dicapai oleh anak pada akhir siklus II menunjukkan kenaikan rata-rata 40%
menjadi 55%. Hal ini ditunjukkan dengan pencapaian nilai yang sangat
rendah/kurang pada siklus II pertemuan 1 yaitu dari 20 anak terdapat 2 anak
yang memperoleh ketegori kurang atau 10%, 10 anak yang memperoleh kategori
cukup atau 50%, dan 8 orang anak pada kategori baik atau 40%. Sedangkan setelah
pemberian tindakan pada siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan yaitu terdapat
2 anak mendapat nilai istimewa atau 10%, ketegori sangat baik 5 orang anak atau
25%, 8 anak yang memperoleh nilai baik atau 40%, 4 orang anak memperoleh nilai
cukup atau 20% dan 1 anak yang memperoleh nilai kurang atau 1%. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, simpulan
tersebut, saran yang dikemukakan melalui hasil penelitian ini adalah Guru
hendaknya lebih memperhatikan anak didiknya terutama dalam meningkatkan
keterampilan berbicara dengan menggunakan teknik membaca nyaring.
Kata Kunci : Keterampilan berbicara, membaca nyaring
0 komentar:
Posting Komentar