UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN
BERBICARA DENGAN METODE BERNYANYI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI TK BUSTANUL
ATFHAL KRUENG PANJOE KECAMATAN KUTA BLANG KABUPATEN BIREUEN
ABSTRAK
Realitas di
lapangan pada Taman Kanak-Kanak Bustanul Atfhal Krueng Panjoe Kecamatan Kuta
Blang Kabupaten Bireuen, yang diambil data melalui metode observasi menunjukkan
bahwa masih ada anak TK yang belum mampu terampil berbicara dengan baik dan
benar, hal ini terlihat dari perbendaharaan kata yang diucapkan anak belum
jelas. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan
berbicara siswa melalui Metode Bernyanyi pada kelompok A TK Krueng Panjoe
Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena data hasil penelitian adalah
berbentuk kata-kata dan dianalisis dalam bentuk uraian atau penjelasan. Dari
temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan upaya meningkatkan keterampilan
anak dalam bebicara dengan metode bernyanyi sudah terjadi perubahan diikuti
dengan siklus I siswa yang memperoleh nilai kategori kurang ada 10 orang anak
atau 52,64% dengan rentang nilai < 60, untuk kategori cukup ada 8 anak atau
42,10% dengan rentang nilai 60-69, dan hanya 1 orang yang mendapat baik atau
5,26% dengan rentang nilai 70-79, dengan demikian pada siklus I belum
sepenuhnya memberikan perubahan terhadap keterampilan berbicara anak dengan
metode bernyanyi. Begitu juga pada siklus II, yaitu keterampilan anak pada
siklus II kebanyakan anak mendapat nilai kategori kurang ada tidak ada, untuk
kategori cukup ada 5 anak atau 26,33% dengan rentang nilai 60-69, untuk
kategori baik ada 7 orang anak atau 36,86% dengan rentang nilai 70-79, untuk
kategori sangat baik 4 orang anak atau 21,02% dengan rentang nilai 80-89, dan
untuk kategori istimewa dengan rentang nilai 90-100 ada 3 orang anak dengan
persentase 15,79%, dengan demikian pada siklus II sudah sepenuhnya memberikan
perubahan terhadap meningkatnya keterampilan anak dalam berbicara dengan metode
bernyanyi dengan di ikuti hampir sepenuhnya siswa mendapat nilai di atas
rata-rata yaitu 75. Dengan demikian sudah terjadi perubahan pada anak dalam
berbicara menggunakan metode bernyanyi.
Kata Kunci : Keterampilan berbicara, Perkembangan berbicara.
0 komentar:
Posting Komentar