Selasa, 27 November 2018

SKRIPSI S1 - PGPAUD UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE BERNYANYI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI TK BUSTANUL ATFHAL KRUENG PANJOE KECAMATAN KUTA BLANG KABUPATEN BIREUEN

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE BERNYANYI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI TK BUSTANUL ATFHAL KRUENG PANJOE KECAMATAN KUTA BLANG KABUPATEN BIREUEN

ABSTRAK


Realitas di lapangan pada Taman Kanak-Kanak Bustanul Atfhal Krueng Panjoe Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen, yang diambil data melalui metode observasi menunjukkan bahwa masih ada anak TK yang belum mampu terampil berbicara dengan baik dan benar, hal ini terlihat dari perbendaharaan kata yang diucapkan anak belum jelas. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui Metode Bernyanyi pada kelompok A TK Krueng Panjoe Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena data hasil penelitian adalah berbentuk kata-kata dan dianalisis dalam bentuk uraian atau penjelasan. Dari temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan upaya meningkatkan keterampilan anak dalam bebicara dengan metode bernyanyi sudah terjadi perubahan diikuti dengan siklus I siswa yang memperoleh nilai kategori kurang ada 10 orang anak atau 52,64% dengan rentang nilai < 60, untuk kategori cukup ada 8 anak atau 42,10% dengan rentang nilai 60-69, dan hanya 1 orang yang mendapat baik atau 5,26% dengan rentang nilai 70-79, dengan demikian pada siklus I belum sepenuhnya memberikan perubahan terhadap keterampilan berbicara anak dengan metode bernyanyi. Begitu juga pada siklus II, yaitu keterampilan anak pada siklus II kebanyakan anak mendapat nilai kategori kurang ada tidak ada, untuk kategori cukup ada 5 anak atau 26,33% dengan rentang nilai 60-69, untuk kategori baik ada 7 orang anak atau 36,86% dengan rentang nilai 70-79, untuk kategori sangat baik 4 orang anak atau 21,02% dengan rentang nilai 80-89, dan untuk kategori istimewa dengan rentang nilai 90-100 ada 3 orang anak dengan persentase 15,79%, dengan demikian pada siklus II sudah sepenuhnya memberikan perubahan terhadap meningkatnya keterampilan anak dalam berbicara dengan metode bernyanyi dengan di ikuti hampir sepenuhnya siswa mendapat nilai di atas rata-rata yaitu 75. Dengan demikian sudah terjadi perubahan pada anak dalam berbicara menggunakan metode bernyanyi.

Kata Kunci    :           Keterampilan berbicara, Perkembangan berbicara.









0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive