Selasa, 27 November 2018

SKRIPSI S1-PGPAUD PERSEPSI GURU TERHADAP SISTEM PELAKSANAAN EVALUASI DI TK HARAPAN BUNDA KECAMATAN PEUDADA KABUPATEN BIREUEN

PERSEPSI GURU TERHADAP SISTEM PELAKSANAAN EVALUASI DI TK HARAPAN BUNDA KECAMATAN PEUDADA KABUPATEN BIREUEN

ABSTRAK


Penelitian ini berjudul Persepsi Guru Terhadap Sistem Pelaksanaan Evaluasi di TK Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen. Penelitian ini dilatarbelakangi karena para guru PAUD di Kecamatan Peudada masih belum sepenuhnya memahami tentang tata cara evaluasi pembelajaran secara menyeluruh. Di mana hal ini dibuktikan dengan banyaknya guru yang melakukan penilaian tanpa merujuk pada pedoman penilaian yang menjadi acuan dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah persepsi guru terhadap sistem pelaksanaan evaluasi di TK Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru terhadap sistem pelaksanaan evaluasi di TK Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. subjek pada penelitian ini adalah guru pada Taman Kanak-Kanak Harapan Bunda di Kecamatan Peudada yang berjumlah 4 orang. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen terhadap prinsip penilaian menggambarkan bahwa para guru tersebut memahami prinsip-prinsip penilaian sesuai dengan yang telah ditetapkan. Sehingga dengan prinsip penilaian tersebut, mampu dijadikan sebagai sebuah tuntutan baru agar kualitas mengajar meningkat seiring berkembangnya zaman. Kemudian juga diketahui guru terbantu dengan adanya pedoman teknik penilaian yang telah diatur dalam pedoman penilaian. Selain itu, diberinya kesempatan kepada para guru dalam menggunakan alat evaluasi yang mereka kembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan anak. Hal ini benar-benar menmbantu guru untuk mengetahui keadaan anak yang sebenarnya. Hasil penelitian juga diperoleh pelaporan hasil penilaian menyatakan bahwa guru-guru tersebut memahami cara pelaporan hasil penilaian yang telah ditetapkan dan bahkan mereka terbantu dalam melakukan terbantu dengan adanya teknik penilaian yang telah diatur dalam pedoman penilaian.

Kata kunci: Persepsi Guru dan Sistem Pelaksanaan Evaluasi



iii
 
iii
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive