PERSEPSI GURU TERHADAP SISTEM PELAKSANAAN EVALUASI DI TK HARAPAN BUNDA
KECAMATAN PEUDADA KABUPATEN BIREUEN
ABSTRAK
Penelitian
ini berjudul Persepsi Guru Terhadap Sistem Pelaksanaan Evaluasi di TK
Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen. Penelitian ini
dilatarbelakangi karena para
guru PAUD di Kecamatan Peudada masih belum sepenuhnya memahami tentang tata
cara evaluasi pembelajaran secara menyeluruh. Di mana hal ini dibuktikan dengan
banyaknya guru yang melakukan penilaian tanpa merujuk pada pedoman penilaian
yang menjadi acuan dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah Bagaimanakah persepsi
guru terhadap sistem pelaksanaan evaluasi di TK Kecamatan Peudada Kabupaten
Bireuen?. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui
persepsi guru terhadap sistem pelaksanaan evaluasi di TK Kecamatan
Peudada Kabupaten Bireuen.
Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif. subjek pada penelitian ini adalah
guru pada Taman Kanak-Kanak Harapan Bunda di Kecamatan Peudada yang berjumlah 4
orang. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi
guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen terhadap prinsip
penilaian menggambarkan bahwa para guru tersebut memahami prinsip-prinsip
penilaian sesuai dengan yang telah ditetapkan. Sehingga dengan prinsip
penilaian tersebut, mampu dijadikan sebagai sebuah tuntutan baru agar kualitas
mengajar meningkat seiring berkembangnya zaman. Kemudian juga diketahui guru terbantu
dengan adanya pedoman teknik penilaian yang telah diatur dalam pedoman
penilaian. Selain itu, diberinya kesempatan kepada para guru dalam menggunakan
alat evaluasi yang mereka kembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan anak. Hal
ini benar-benar menmbantu guru untuk mengetahui keadaan anak yang sebenarnya. Hasil penelitian juga diperoleh pelaporan
hasil penilaian menyatakan bahwa guru-guru tersebut memahami cara pelaporan
hasil penilaian yang telah ditetapkan dan bahkan mereka terbantu dalam
melakukan terbantu dengan adanya teknik penilaian yang telah diatur dalam
pedoman penilaian.
Kata
kunci: Persepsi Guru dan Sistem Pelaksanaan
Evaluasi
|
||||
|
0 komentar:
Posting Komentar