PENINGKATAN KEMAMPUAN
MENGELOMPOKKAN MELALUI PERMAINAN PUZZLE DI TK JEUMPA PUTEH KECAMATAN KUALA
KABUPATEN BIREUEN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengelompokkan
melalui permainan puzzle anak pada kelompok B TK Jeumpa Puteh sebagai hasil kegiatan pembelajaran. Yang menjadi rumusan
masalah dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana kemampuan mengelompokkan anak
Taman Kanak-Kanak di TK Jeumpa Puteh Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen sebelum
penerapan permainan puzzle? (2) Bagaimana langkah-langkah penggunaan permainan
puzzle untuk meningkatkan kemampuan mengelompokkan anak Taman Kanak-Kanak di TK
Jeumpa Puteh Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen? (3) Bagaimana peningkatan kemampuan
mengelompokkan dikelompok B TK Jeumpa Puteh Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen
setelah menggunakan permainan puzzle? Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I
dan siklus II menunjukkan bahwa melalui permainan puzzle dapat meningkatkan
kemampuan pengenalan geometri anak usia dini di TK Jeumpa Puteh Kecamatan Kuala
Kabupaten Bireuen pada kelompok B. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari
hasil tugas pengamatan yang dilakukan
oleh penulis dan guru terhadap aktivitas siswa.
Kata Kunci : Peningkatan, Puzzle, Mengelompokkan
0 komentar:
Posting Komentar