Selasa, 27 November 2018

SKRIPSI S1- PGPAUD PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGELOMPOKKAN MELALUI PERMAINAN PUZZLE DI TK JEUMPA PUTEH KECAMATAN KUALA KABUPATEN BIREUEN

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGELOMPOKKAN MELALUI PERMAINAN PUZZLE DI TK JEUMPA PUTEH KECAMATAN KUALA KABUPATEN BIREUEN

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengelompokkan melalui permainan puzzle anak pada kelompok B TK Jeumpa Puteh sebagai hasil kegiatan pembelajaran. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana kemampuan mengelompokkan anak Taman Kanak-Kanak di TK Jeumpa Puteh Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen sebelum penerapan permainan puzzle? (2) Bagaimana langkah-langkah penggunaan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan mengelompokkan anak Taman Kanak-Kanak di TK Jeumpa Puteh Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen? (3) Bagaimana peningkatan kemampuan mengelompokkan dikelompok B TK Jeumpa Puteh Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen setelah menggunakan permainan puzzle? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa melalui permainan puzzle dapat meningkatkan kemampuan pengenalan geometri anak usia dini di TK Jeumpa Puteh Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen pada kelompok B. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil tugas  pengamatan yang dilakukan oleh penulis dan guru terhadap aktivitas siswa.

Kata Kunci    :           Peningkatan, Puzzle, Mengelompokkan



0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive