UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI
METODE BERNYANYI DI TK ASJADI KECAMATAN PEUSANGAN SIBLAH KRUENG KABUPATEN BIREUEN
ABSTRAK
Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan
berhitung melalui Metode Bernyanyi di TK Asjadi Kecamatan Peusangan Siblah
Krueng Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan
ini di arahkan pada laras individu holistik atau menyeluruh. Pada tes awal, banyaknya siswa yang tidak mampu berhitung yakni
14 orang anak atau 70% dari 20 anak tidak mampu berhitung. Hal ini disebabkan
karena kurangnya minat belajar dan metode pembelajaran yang mudah bagi anak
didik. Pada tindakan perbaikan pembelajaran berhitung dengan metode benyanyi
pada siklus I diadakan tes untuk 20 anak dan hasilnya ada 10 orang anak kurang
atau (50%), ada 8 anak mendapat nilai cukup dan 2 anak yang mampu mendapat
nilai baik yakni 10%. Peningkatan ini karena dalam tindakan perbaikan
pembelajaran peneliti menggunkaan menara angka sebagai media untuk
memperlihatkan bentuk-bentuk angka sebagai alat bantunya dan akan menarik minat
anak karena dilakukan dengan gembira, sehingga anak akan merasa senang dan
mudah dalam berhitung, namun belum sepenuhnya anak mampu berhitung serta masih
memerlukan pelaksanaan sikus II. Sedangkan pada siklus II ini mengalami
peningkatan yang baik. Dari 20 anak yang ada pada kelompok B TK Tk Asjadi
Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen yang paham dan mampu berhitung dengan menara angka bisa
mencapai 3 anak dengan nilai istimewa yakni 90 atau 5%, 4 anak dengan nilai
sangat baik yakni dengan nilai 80 atau 20%, 7 anak dengan nilai baik yakni
dengan nilai 75 atau 35%, serta 5 anak dengan nilai sangat cukup yakni dengan
nilai 65 atau 25%, sedangkan yang belum mampu ada 1 orang anak.
Kata Kunci : Kemampuan
berhitung, metode bernyanyi
0 komentar:
Posting Komentar