Selasa, 27 November 2018

LEMBAR REFLEKSI KELEMAHAN DAN KELEBIHAN PENELITIAN


Nama                     : ……………………
NIM                       :
………………….
Program Studi        : S1 PG-PAUD

A.    Refleksi Komponen Kegiatan
1.      Apakah kegiatan yang telah saya lakukan sesuai dengan indikator yang saya tentukan?
Ya, kegiatan sudah sesuai dengan indikator
Hal ini terjadi karena :
Saya melakukan kegiatan tersebut berdasarkan indikator yang ada

2.      Apakah materi yang telah saya sajikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak?
Ya, materi yang telah saya sajikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak
Hal ini terjadi karena :
Saya sudah menyusun materi pembelajaran, berdasarkan tingkat perkembangan anak

3.      Apakah media pembelajaran sesuai dengan indikator yang telah ditentukan?
Ya, pembelajaran di sesuaikan dengan indikator
Hal ini terjadi karena :
Media atau alat peraga adalah faktor yang sangat penting dalam pembelajaran anak

4.      Bagaimana reaksi anak terhadap metode pembelajaran yang saya gunakan?
Kurang merespon dengan baik
Hal ini terjadi karena :
Perhatian anak kurang terpusat pada guru karena guru memberi daya tarik pada anak
5.      Apakah alat penilai yang saya gunakan sesuai dengan tingkat perkembangan anak?
Ya, penilaian di sesuaikan dengan tingkat perkembangan anak
Hal ini terjadi karena :
Penilaian tersebut di sesuaikan dengan tingkat perkembangan dan kemampuan anak.

B.     Refleksi Proses Kegiatan
1.      Apakah pelaksanaan kegiatan sesuai dengan RKH yang saya susun ?
Ya, kegiatan sudah sesuai dengan RKH
Hal ini terjadi karena :
Karena RKH panduan guru dalam Proses Belajar Mengajar ( PBM )

2.     Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam melaksanakan kegiatan (penguasaan materi, penggunaan media dan sumber belajar, penggunaan metode pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap anak, penggunaan waktu, serta penilaian proses dan hasil belajar.
Kelemahan saya adalah dalam pengelolaan kelas, masih sulit dan kewalahan menertibkan anak.

3.      Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut ?
Karena saya kurang menarik minat anak.

4.      Bagaimana memperbaiki kelemahan saya tersebut ?
Saya berusaha mengenal lebih dekat murid – murid dan lebih bersemangat.

5.     Apakah kekuatan saya dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pengembangan?
Saya merancang pembelajaran sesuai dengan kurikulum dan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

6.      Apakah penyebab kekuatan saya dalam merancang kegiatan?
Kekuatan saya dalam merancang kegiatan adalah memahami kurikulum.

7.      Apakah penyebab kekuatan saya dalam melaksanakan kegiatan?
Kekuatan saya dalam melaksanakan kegiatan adalah penguasaan strategi pembelajaran.

8.      Hal-hal unik (Positif atau negatif) apa yang terjadi dalam kegiatan yang saya lakukan ?
Kegiatan positif yang saya lakukan adalah anak harus tertarik dengan media pembelajaran.

9.     Apakah saya mempunyai alasan yang dapat dipertanggung jawabkan dalam pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan? Jika ya, alasan saya adalah :
Ya,
Saya akan menerangkan pembelajaran berdasarkan tingkat perkembangan anak.

10.  Bagaimana reaksi anak terhadap pengelolaan kelas yang saya lakukan? (perlakuan saya terhadap anak, cara saya mengatasi masalah, memotivasi anak, dan sebagainya).
Reaksi anak sangat baik.

11.  Apakah anak dapat menangkap penjelasan yang saya berikan (misalnya anak dapat menjawab pertanyaan yang saya berikan, melaksanakan tugas dengan tepat? Hal ini terjadi karena  :
Karena saya merancang media yang tepat untuk mendukung indikator.

12.  Bagaimana reaksi anak terhadap penilaian yang saya berikan ?
Reaksi anak terhadap penilaian yang saya berikan sangat baik.

13. Apakah penilaian yang saya berikan sesuai dengan indikator yang saya tetapkan?
Ya, penilaian yang saya tetapkan sesuai dengan indikator.
Hal ini terjadi karena :
Saya menilai berdasarkan indikator yang sudah saya tetapkan
14.  Apakah anak telah mencapai indikator kemampuan yang telah ditetapkan?
Belum tercapai 
Hal ini terjadi karena :
Kurangnya pengelolaan kelas

15.  Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu kegiatan dengan baik?
Ya, saya telah memanfaatkan waktu dengan baik
Hal ini terjadi karena :
Waktu tersebut sudah di rancang di RKH pada waktu kegiatan belajar mengajar.

16.  Apakah kegiatan penutup yang saya lakukan dapat meningkatkan penguasaan anak terhadap materi yang saya sampaikan?
Ya, kegiatan penutup meningkatkan kemampuan anak dalam memahami materi.
Hal ini terjadi karena :

Pada akhir kegiatan (kegiatan penutup )saya melaksanakan kegiatan diskusi bersama anak.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive