Nama : ……………………
NIM : ………………….
NIM : ………………….
Program Studi : S1 PG-PAUD
A. Refleksi
Komponen Kegiatan
1. Apakah kegiatan yang telah saya
lakukan sesuai dengan indikator yang saya tentukan?
Ya,
kegiatan sudah sesuai dengan indikator
Hal
ini terjadi karena :
Saya
melakukan kegiatan tersebut berdasarkan indikator yang ada
2. Apakah materi yang telah saya
sajikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak?
Ya,
materi yang telah saya sajikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak
Hal
ini terjadi karena :
Saya
sudah menyusun materi pembelajaran, berdasarkan tingkat perkembangan anak
3. Apakah media pembelajaran sesuai
dengan indikator yang telah ditentukan?
Ya,
pembelajaran di sesuaikan dengan indikator
Hal
ini terjadi karena :
Media
atau alat peraga adalah faktor yang sangat penting dalam pembelajaran anak
4. Bagaimana reaksi anak terhadap
metode pembelajaran yang saya gunakan?
Kurang
merespon dengan baik
Hal
ini terjadi karena :
Perhatian
anak kurang terpusat pada guru karena guru memberi daya tarik pada anak
5. Apakah alat penilai yang saya
gunakan sesuai dengan tingkat perkembangan anak?
Ya,
penilaian di sesuaikan dengan tingkat perkembangan anak
Hal
ini terjadi karena :
Penilaian
tersebut di sesuaikan dengan tingkat perkembangan dan kemampuan anak.
B. Refleksi
Proses Kegiatan
1.
Apakah pelaksanaan kegiatan sesuai
dengan RKH yang saya susun ?
Ya,
kegiatan sudah sesuai dengan RKH
Hal
ini terjadi karena :
Karena
RKH panduan guru dalam Proses Belajar Mengajar ( PBM )
2. Apakah kelemahan-kelemahan saya
dalam melaksanakan kegiatan (penguasaan materi, penggunaan media dan sumber
belajar, penggunaan metode pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas,
komunikasi dan pendekatan terhadap anak, penggunaan waktu, serta penilaian
proses dan hasil belajar.
Kelemahan saya adalah dalam
pengelolaan kelas, masih sulit dan kewalahan menertibkan anak.
3. Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut
?
Karena saya kurang menarik minat
anak.
4. Bagaimana memperbaiki kelemahan saya
tersebut ?
Saya berusaha mengenal lebih dekat
murid – murid dan lebih bersemangat.
5. Apakah kekuatan saya dalam merancang
dan melaksanakan kegiatan pengembangan?
Saya merancang pembelajaran sesuai
dengan kurikulum dan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tingkat perkembangan
anak.
6. Apakah penyebab kekuatan saya dalam
merancang kegiatan?
Kekuatan saya dalam merancang
kegiatan adalah memahami kurikulum.
7. Apakah penyebab kekuatan saya dalam
melaksanakan kegiatan?
Kekuatan saya dalam melaksanakan
kegiatan adalah penguasaan strategi pembelajaran.
8. Hal-hal unik (Positif atau negatif)
apa yang terjadi dalam kegiatan yang saya lakukan ?
Kegiatan positif yang saya lakukan
adalah anak harus tertarik dengan media pembelajaran.
9. Apakah saya mempunyai alasan yang
dapat dipertanggung jawabkan dalam pengambilan keputusan dan tindakan mengajar
yang saya lakukan? Jika ya, alasan saya adalah :
Ya,
Saya akan menerangkan pembelajaran
berdasarkan tingkat perkembangan anak.
10. Bagaimana reaksi anak terhadap
pengelolaan kelas yang saya lakukan? (perlakuan saya terhadap anak, cara saya
mengatasi masalah, memotivasi anak, dan sebagainya).
Reaksi anak sangat baik.
11. Apakah anak dapat menangkap
penjelasan yang saya berikan (misalnya anak dapat menjawab pertanyaan yang saya
berikan, melaksanakan tugas dengan tepat? Hal ini terjadi karena :
Karena saya merancang media yang
tepat untuk mendukung indikator.
12. Bagaimana reaksi anak terhadap
penilaian yang saya berikan ?
Reaksi anak terhadap penilaian yang
saya berikan sangat baik.
13. Apakah penilaian yang saya berikan sesuai dengan indikator
yang saya tetapkan?
Ya,
penilaian yang saya tetapkan sesuai dengan indikator.
Hal
ini terjadi karena :
Saya
menilai berdasarkan indikator yang sudah saya tetapkan
14. Apakah
anak telah mencapai indikator kemampuan yang telah ditetapkan?
Belum
tercapai
Hal
ini terjadi karena :
Kurangnya
pengelolaan kelas
15. Apakah saya telah dapat mengatur dan
memanfaatkan waktu kegiatan dengan baik?
Ya,
saya telah memanfaatkan waktu dengan baik
Hal
ini terjadi karena :
Waktu
tersebut sudah di rancang di RKH pada waktu kegiatan belajar mengajar.
16. Apakah kegiatan penutup yang saya
lakukan dapat meningkatkan penguasaan anak terhadap materi yang saya sampaikan?
Ya,
kegiatan penutup meningkatkan kemampuan anak dalam memahami materi.
Hal
ini terjadi karena :
Pada
akhir kegiatan (kegiatan penutup )saya melaksanakan kegiatan diskusi bersama
anak.
0 komentar:
Posting Komentar