Selasa, 27 November 2018

SKRIPSI S1 PGPAUD PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL NAMA-NAMA NABI MELALUI METODE BERNYANYI DI TK ALZANJABIL BUKET TEUKUEH KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL NAMA-NAMA NABI MELALUI METODE BERNYANYI DI TK ALZANJABIL BUKET TEUKUEH KECAMATAN KOTA JUANG  KABUPATEN BIREUEN

ABSTRAK


Pembelajaran menghafal nama-nama nabi di TK Alzanjabil Buket Teukueh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen masih banyak ditemui peserta didik yang memiliki kemampuan rendah. Hal ini terlihat dari hasil menghafal nama-nama nabi dari jumlah 19 peserta didik yang terdiri dari 8 laki-laki dan 11 perempuan, 15 orang peserta didik tidak mampu menghafal, sedangkan hanya 4 orang yang bisa mengenal mendengarkan. Hal ini disebabkan kurang tersedianya bahan-bahan atau alat yang dapat mendorong anak untuk melakukan kegiatan konsep menghafal dengan baik. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan kemampuan menghafal nama-nama nabi melalui Metode Bernyanyi di TK Al Zanjabil Buket Teukueh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, dilihat dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran sebelum diterapkannya dalam menghafal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu suatu pendekatan yang berusaha mengungkapkan gejala secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks (holistik-kontekstual) melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang memiliki ciri khusus yang membedakan dengan jenis penelitian lain. Setelah dilaksanakan penelitian dengan melaksanakan latihan secara bertahap dalam Setelah dilaksanakan penelitian dengan melaksanakan latihan secara bertahap-tahap dalam kemampuan menghafal nama-nama nabi dengan metode bernyanyi anak di TK Alzanjabil Buket Teukueh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, pada siklus II pertemuan 1 yaitu dari 19 anak terdapat untuk kategori cukup ada 5 anak atau 26,33% dengan rentang nilai 60-69, untuk kategori baik ada 7 orang anak atau 36,86% dengan rentang nilai 70-79, untuk kategori sangat baik 4 orang anak atau 21,02% dengan rentang nilai 80-89, dan untuk kategori istimewa dengan rentang nilai 90-100 ada 3 orang anak dengan persentase 15,79%

Kata Kunci    :           Kemampuan menghafal, Metode Bernyanyi







0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive