PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL
NAMA-NAMA NABI MELALUI METODE BERNYANYI DI TK ALZANJABIL BUKET TEUKUEH
KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN
ABSTRAK
Pembelajaran
menghafal nama-nama nabi di TK Alzanjabil Buket Teukueh Kecamatan Kota Juang
Kabupaten Bireuen masih banyak ditemui peserta didik yang memiliki kemampuan
rendah. Hal ini terlihat dari hasil menghafal nama-nama nabi dari jumlah 19 peserta
didik yang terdiri dari 8 laki-laki dan 11 perempuan, 15 orang peserta didik
tidak mampu menghafal, sedangkan hanya 4 orang yang bisa mengenal mendengarkan.
Hal ini disebabkan kurang tersedianya bahan-bahan atau alat yang dapat
mendorong anak untuk melakukan kegiatan konsep menghafal dengan baik. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan
kemampuan menghafal nama-nama nabi melalui Metode Bernyanyi di TK Al
Zanjabil Buket Teukueh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, dilihat dari
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran
sebelum diterapkannya dalam menghafal. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu
suatu pendekatan yang berusaha mengungkapkan gejala secara menyeluruh dan sesuai
dengan konteks (holistik-kontekstual) melalui
pengumpulan data dari latar alami
dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang memiliki ciri khusus yang
membedakan dengan jenis penelitian lain. Setelah dilaksanakan penelitian dengan
melaksanakan latihan secara bertahap dalam Setelah dilaksanakan penelitian
dengan melaksanakan latihan secara bertahap-tahap dalam kemampuan menghafal
nama-nama nabi dengan metode bernyanyi anak di TK Alzanjabil Buket Teukueh
Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, pada siklus II pertemuan 1 yaitu dari
19 anak terdapat untuk kategori cukup ada 5 anak atau 26,33% dengan rentang
nilai 60-69, untuk kategori baik ada 7 orang anak atau 36,86% dengan rentang
nilai 70-79, untuk kategori sangat baik 4 orang anak atau 21,02% dengan rentang
nilai 80-89, dan untuk kategori istimewa dengan rentang nilai 90-100 ada 3
orang anak dengan persentase 15,79%
Kata Kunci : Kemampuan
menghafal, Metode Bernyanyi
0 komentar:
Posting Komentar