Selasa, 27 November 2018

SKRIPSI S1-PGPAUD PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA KELOMPOK B DI TK BUSTANUL ATFHAL KRUENG PANJOE KECAMATAN KUTA BLANG KABUPATEN BIREUEN

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA KELOMPOK B DI TK BUSTANUL ATFHAL KRUENG PANJOE KECAMATAN KUTA BLANG
KABUPATEN BIREUEN

ABSTRAK


Penelitian ini berjudul “Peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan model pembelajaran CTL pada kelompok B di TK Bustanul Atfhal Krueng Panjoe Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode pembelajaran CTL pada kelompok B di TK Bustanul Atfhal Krueng Panjoe Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Bustanul Atfhal Krueng Panjoe Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes (tes awal dan tes akhir). Hasil tes siklus I siklus I pertemuan I menghasilkan nilai rata-rata skor yang rendah yaitu dari 50%, dan pertemuan II mencapai 40%. Perubahan nilai rata-rata yang dicapai oleh anak pada akhir siklus II menunjukkan kenaikan rata-rata 40% menjadi 55%. Peningkatan kemampuan membaca permulaan anak dengan metode pembelajaran CTL, tampak ada perbaikan kemampuan membaca permulaan anak dari keadaan sebelum diberikan tindakan sampai dengan keadaan setelah siklus II. Berdasarkan nilai yang dicapai pada siklus I dan siklus II bahwa kemampuan membaca permulaan anak dengan metode pembelajaran CTL pada anak kelompok B TK Bustanul Atfhal Krueng Panjoe Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen dapat meningkat



Kata Kunci    :           Kemampuan membaca, model pembelajaran CTL

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive