PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA
PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA KELOMPOK B DI TK
BUSTANUL ATFHAL KRUENG PANJOE KECAMATAN KUTA BLANG
KABUPATEN BIREUEN
ABSTRAK
Penelitian ini
berjudul “Peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan model
pembelajaran CTL pada kelompok B di TK Bustanul Atfhal Krueng Panjoe Kecamatan
Kuta Blang Kabupaten Bireuen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode
pembelajaran CTL pada kelompok B di TK Bustanul Atfhal Krueng Panjoe Kecamatan
Kuta Blang Kabupaten Bireuen. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak
kelompok B di TK Bustanul Atfhal Krueng Panjoe Kecamatan Kuta Blang Kabupaten
Bireuen tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 anak. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom
Action Research). Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik tes (tes awal dan tes akhir). Hasil tes siklus I siklus
I pertemuan I menghasilkan nilai rata-rata skor yang rendah yaitu dari 50%, dan
pertemuan II mencapai 40%. Perubahan nilai rata-rata yang dicapai
oleh anak pada akhir siklus II menunjukkan kenaikan rata-rata 40% menjadi 55%.
Peningkatan kemampuan membaca permulaan anak dengan metode pembelajaran CTL,
tampak ada perbaikan kemampuan membaca permulaan anak dari keadaan sebelum
diberikan tindakan sampai dengan keadaan setelah siklus II. Berdasarkan nilai
yang dicapai pada siklus I dan siklus II bahwa kemampuan membaca permulaan anak
dengan metode pembelajaran CTL pada anak kelompok B TK Bustanul Atfhal Krueng
Panjoe Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen dapat meningkat
Kata Kunci : Kemampuan membaca, model pembelajaran CTL
0 komentar:
Posting Komentar