Kamis, 28 Desember 2017

Makalah Transplantasi Darah

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Transplantasi ginjal (TG) adalah pengobatan paripurna (Total Renal Replacement Teraphy) pada pasien gagal ginjal terminal (GGT). Disebut gagal ginjal terminal atau gagal ginjal tahap akhir bila fungsi ginjal sudah sangat terganggu dan hanya tinggal sekitar 5-15 % serta tidak mungkin diperbaiki dengan pengobatan konservatif berupa diet maupun obat-obatan. Keadaan ini merupakan tahap lanjut dari suatu penyakit ginjal yang dikategorikan sebagai penyakit ginjal kronis tahap 5 tanpa membedakan penyebabnya.
“Umumnya ukuran kedua ginjal sudah mengecil dan padat,” kata Dr. Tunggul D Situmorang SpPD –KGH, Direktur Ketua RS PGI Cikini, Jakarta Pusat dalam seminar awam yang diselenggarakan dalam rangka ulang tahun ke- 4 Indonesia Kidney Care Club (IKCC)di Auditorium RS PGI Cikini, Sabtu, 31 Mei 2008.
Pada tahap tersebut pasien membutuhkan pengobatan pengganti ginjal (renal replacement theraphy), berupa “cuci darah” (dialysis) baik dengan mesin (hemodialysis =HD) atau melalui perut (peritoneal dialysis = CAPD). Sayangnya tindakan dialisis tidak mungkin dapat menggantikan seluruh fungsi ginjal. Fungsi pembentukan darah dan metabolisme tulang tidak dapat digantikan dengan dialisis. Karena itulah transplantasi ginjal merupakan pilihan yang paling ideal dan paling tepata untuk saat ini. ( Catatan : sebelum teknologi Sel Punca / Stem Cell mampu menggantikannya kelak).


Download Full

0 komentar:

Posting Komentar