Sabtu, 24 November 2018

ALAT MUSIK MANCANEGARA



1.      Erhu
Merupakan alat musik tradisional Tiongkok yang paling populer di samping Guzheng dan Dizi. Secara umum, keluarga alat musik gesek ini dikenal juga dengan istilah huqin yang berarti “alat musik orang barbar”, dinamakan demikian karena diperkenalkan oleh orang barbar yang berasal dari Asia Tengah.


2.      Saxophone
Saxophone berasal dari Belgia, dibuat oleh seorang pemain clarinet dan pembuat alat musik bernama Adolphe Sax pada awal tahun 1840. Tentang bagaimana munculnya ide pembuatan Saxophone sendiri tidak jelas, dan para ahli menyimpulkan bahwa salah satu kemungkinan adalah Saxophone lahir dari hasil eksperimen Sax dengan berbagai Clarinet, Adolphe Sax juga terkenal dengan desain ulang Bass Clarinet, dengan dua register instrument yang terpisah satu oktaf.
3.      Harmonica
Harmonika adalah sebuah alat musik yang paling mudah dimainkan. Hanya tinggal meniup dan menghisapnya harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus. Harmonika berasal dari alat musik tradisional China yang bernama ‘Sheng’ yang telah digunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa.


4.      Sistrum
Sistrum adalah alat musik perkusi yang diyakini berasal dari Timur Tengah dan Afrika Utara (terutama Mesir). Kata sistrum berasal dari bahasa Yunani, seiein, yang artinya menggoyang. Sistrum terbuat dari logam maupun kayu.

5.      Ayageum
Memiliki panjang 150cm, jumblah dawai 25 buah, alat musik tradisional Korea.

6.      Tabla
Tabla terdiri dari 2 alat musik :
  1. Bayan : terletak disebelah kanan, memiliki diameter  9,25 inci
  2. Dayan : terletak disebelah kiri , memiliki diameter 5,25 inci
Memiliki tinggi 11,25 inci, alat musik tradisional india

7.      Sitar
Memiliki 5 dawai, panjangnya 150cm, alat musik tradisional jepang

8.      Oud
Panjang 100cm, memiliki 5-6 dawai, tradisional arab

9.      Dara buka
Alat penentu ketukan pada musik yang digunakan untuk acara pesta pernikahan, panjang 100cm, diameter 30cm, alat musik tradisional yaman

10.  Ching
Bentuk seperti cangkir teh, terbuat dari besi, berdiameter antara 5,5 sampai 6,5, alat musik muay tai (Thailand).


0 komentar:

Posting Komentar